Besar Bukan Berarti Kuat !

Peta merahKekalahan Indonesia dalam 2 tahun terakhir atas Malaysia di Piala AFF menyisakan kesedihan pendukung Timnas Indonesia. Disaat ekspektasi masyarakat sepakbola Indonesia begitu tinggi, selalu terganjal oleh tim Harimau Malaya. Spekulasi kemudian berkembang, dengan mengatasnamakan persiapan tim yang hanya beberapa bulan sampai permasalahan non teknis kondisi induk organisasi PSSI yang belum jelas.

Persiapan “dadakan” tentu sulit jika mengharapkan hasil maksimal. Berharap prestasi tinggi ditengah carut marut kondisi PSSI yang berseteru dengan KPSI tentu hal yang susah di terima akal. Mungkin akan ada keajaiban, tapi perlu di ingat, sepakbola bukan masalah keberuntungan apalagi keajaiban.

Di tengah permaslahan yang ada, kita selalu beralibi bahwa kita negara yang besar, tidak akan sulit mengalahkan Malaysia yang hanya sepersekian dari Indonesia. Namun mari kita sadar, cerita klasik tentang perumpamaan semut mengalahkan gajah nampaknya menghampiri negara kita. Memang kita secara kuantitas berjumlah sangat banyak. Dari 244.775.796 jiwa penduduk Indonesia mengapa kita sangat susah mecari 11 pemain yang berkualitas. Tapi ini semua juga sangat terkait dengan sistem.

Semoga kekalahan kali ini, mampu menjadi ‘Lalat Pengusik’ bagi para pemangku jabatan dan orang yang berkuasa bahwa seluruh rakyat Indonesia mendambakan kemenangan. Tidak hanya menang dalam kuantitas, tapi juga menang dalam kualitas. Memang kita besar, tapi besar bukan berarti kuat.

About Moerhadie

Berbagi, bikin hidup lebih berarti.

Posted on 1 Desember 2012, in Humaniora, Lainnya, Umum and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: