Keliru Review : Windows 8 dianggap Gagal.

Kolom telematika di Detikinet memuat tulisan seorang pegiat Open Source yang di beri judul Kegagalan Windows 8, Ini semua tentang Ekosistem. Jika menilik judulnya, menurut saya pribadi, judul ini sebagai sebuah prediksi dari sang penulis, andaikata windows 8 gagal, maka itu disebabkan oleh eksositem yang tidak mendukung. Namun jika membaca secara keseluruhan, kesan berbeda yang akan di tangkap. Dimana sang penulis banyak mereview tentang kekurangan Windows 8 dan sepertinya Sistem Operasi (OS) besutan Microsoft itu telah gagal. Ironinya lagi, sang penulis membandingkan Windows 8 dengan OS mobile seperti iOS dan Android.

Hal menarik yang mendorong saya membuat tulisan ini adalah pada bagian komentar, sepertinya tak banyak yang setuju dengan ulasan sang penulis. Windows 8, OS yang di luncurkan Microsoft secara resmi pada 26 Oktober kemudian di ulas kegagalannya pada tanggal 27 November di anggap terlalu dini. Beberapa komentar menyatakan, kita tidak dapat dengan mudah dan terlalu cepat menyatakan sebuah software gagal jika belum melakukan evaluasi secara intensif. Sebagian besar malah menyatakan kepuasan menggunakan windows 8 karena ada penyegaran. Meskipun penyegaran tersebut tidak banyak. Tapi setidaknya OS yang sudah masuk ke versi 8 ini tidak monoton dan mengikuti konfogurasi yang berkembang sekarang.

Menurut saya, Windows 8 memberikan pengalaman yang baru menggunakan OS. Sebab, secara tidak langsung, kita diajak untuk berkembang dan merubah paradigma klasik, dimana sejak dulu kita di ajarkan jika akan membuka sebuah aplikasi, kita harus melalui Start -> All Program. Hal ini sudah melekat di benak masyarakat karena di sekolah-sekolah di ajarkan seperti itu. Namun pada versi ini, kita tidak akan menemukan adanya tombol start, sehingga teori tersebut tidak berlaku di windows 8. Windows dalam kiprahnya di jagat software juga tidak serta merta dengan cepat menuai kesuksesan namun butuh proses yang panjang, karena masyarakat pengguna PC butuh waktu untuk mempelajari.

Berbicara ekosistem, Microsoft secara tidak langsung sejak dahulu telah membangun ekosistem yang sangat baik. Jika kita membicarakan OS, maka urutan teratas akan menyinggung Windows 8. Di rumah-rumah, sekolah dan kantor juga banyak yang menggunakan Windows. Itulah eksositem yang sebenarnya, dan ekositem itu sampai saat ini masih sangat kuat.

Mari kita lihat perkembangannya, belum saatnya mengatakan Windows 8 gagal.

About Moerhadie

Berbagi, bikin hidup lebih berarti.

Posted on 30 November 2012, in Komputer, Software. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. saya sudah pakai windows 8, dan hasilnya sangat memuaskan.menurut saya windows 8 sama sekali bukan produk gagal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: