Learning English: Belajar Bahasa Inggris dengan Menyenangkan

Proses pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah menengah selama ini di nilai kurang menarik minat siswa, hal ini di sebabkan kurangnya inovasi pembelajaran yang di lakukan oleh guru. Bagi guru yang  mampu berinovasi mungkin hal ini bisa di atasi, namun tidak demikian bagi guru yang belum mampu berinovasi.

Kini hal itu sudah mampu di atasi dengan hadirnya media-media belajar yang membantu proses pembelajaran. Sehingga pembelajaran dapat terlaksana tidak dengan satu arah saja, melainkan beberapa arah. Apalagi jika media pembelajaran yang digunakan adalah media pembelajaran yang interaktif, maka proses pembelajaran menjadi tiga arah sekaligus.

Learning English hadir untuk memenuhi tantangan tersebut, media yang di bangun dengan sumber daya yang memadai dan telah melalui beberapa proses review oleh ahli-ahli di bidang terkait. Narasumber Learning English terdiri dari Dosen dan Guru Bahasa Inggris yang telah memiliki rekam jejak yang cukup di bidang pengembangan media. Dalam pengembangannya, media ini di review oleh guru-guru dari sekolah-sekolah berprestasi.

Learning English di desain menjadi media pembelajaran interaktif dengan tujuan media ini dapat digunakan sendiri oleh peserta didik, dan bisa juga di gunakan guru sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran.

Berikut sedikit review dari media pembelajran yang kini telah lengkap terdiri dari 3 kelas kelas 7, 8 dan kelas 9 dan mencakup seluruh materi SMP yang ada.

Tampilan Sederhana, Navigasi Sederhana

Melihat  tampilan media ini kita tidak akan melihat efek-efek yang berlebihan dan kontras, karena desain media ini memang sangat sederhana. Hanya terdiri dari header berwarna soft tanpa efek apapun dan di dominasi oleh warna putih, hal ini di harapkan untuk memberikan fokus kepada user agar konsentrasi tidak terpecah ke bagian lain dari media ini.

Navigasi yang digunakan dalam media ini juga tergolong sangat sederhana, begitu masuk ke halaman materi kita akan di suguhkan dengan menu utama yang di tempatkan di bagian kiri, dan jika kita seleksi satu menu, akan di tampilkan navigasi ke materi secara langsung. Dan jika pada materi terdapat beberapa bagian, tombol back dan next yang akan menjembatani hal itu.

Bagian-bagian/segmen Learn English

Media ini terdiri dari beberapa bagian atau kami menyebutnya dengan segmen, segmen tersebut akan di aplikasikan dalam menu utama. Segmen tersebut sebagai berikut:

1. Segmen What Will you Learn?

Segmen ini merupakan awal yang akan menampilkan Standar Kompetensi, Kompetensi dasar dan Tujuan Pembelajaran. SK-KD dan tujuan ini di sajikan dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

2. Segmen Get Ready!

Segmen ini berisi apersepsi untuk mengaktifkan schemata dan prior knowledge peserta didik.  bagian ini terutama berisi materi dan kegiatan yang dimaksudkan untuk membekali siswa agar mampu melaksanakan tugas pada kegiatan inti (sharing knowledge). Segmen ini juga merupakan langkah building knowledge  of the field and modeling, agar terbangun pengetahuan awal peserta didik.

3. Segmen Have A Go?

Ini merupakan kegiatan inti, dimana kompetensi di latihkan, berisi aktifitas-aktifitas yang akan memberikan pemahaman siswa terhadap kompetensi yang di ajarkan. Bagian Have a go adalah kegiatan join costruction of the text dan independent construction of the text, dimana siswa difasilitasi agar mampu memahami dan mengungkapkan makna dalam kedua teks tersebut baik secara berkelompok maupun individual.


4. Segmen How far can you go?

Bagian ini merupakan sesi evaluasi. How far can you go dirancang untuk memberikan kesempatan kepada siswa guna melakukan penilaian atas kompetensi yang telah dicapainya setelah melalui serangkaian penelusuran dan kegiatan interaktif yang terprogram dalam CD.

5. Segmen Language Corner

Segmen ini berisi refrensi materi pada kompetensi yang di ajarkan, di tujukan untuk menambah pengetahuan peserta didik.

6. Segmen Brain Teasing

Segmen ini adalah segmen menyenangkan, karena berisi aktifitas yang bisa melatih otak, contohnya seperti Riddles, Tounge Twister, crossword puzzle dan lain sebagainya.

7. Segmen Word Bank

Segmen ini terdiri dari beberapa jenis seperti mini dictionary, expression dan lain sebagainya. Menariknya bagian seperti mini dictionary di desain dengan flipping book, jadi seperti bagian yang nyata.

Berikut Video Preview dari media Learn English.

Demikian review singkat dari media pembelajaran Learn English yang di harapkan dapat menjadi sumbangsih untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

About Moerhadie

Berbagi, bikin hidup lebih berarti.

Posted on 24 Oktober 2011, in Flash, Komputer, Software. Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. great, how do I get the program

  2. woow luar biasa gimana cara dapetnya n berapa harganya???

  3. bgaimana saya mendapatkannya mas? jika dengan membelinya berapa harganya?

  4. Asyik nie mas…..
    bisa digunakan untuk belajar mandiri di rumah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: