Cara Sharing Internet dengan Modem GSM (Huwawei)


Baru punya modem alias punya modem baru (Huwawei E160G), dan punya ilmu baru tentang sharing internet pada jaringan LAN. Kedua hal itu membuat saya tertarik untuk mencoba sharing internet dengan modem Huwawei baruku. Setelah beberapa lama mencoba akhirnya berhasil juga (setelah tanya sana sini karena sempat gak bisa). Sebetulnya caranya sangat sederhana alias sederhana sangad, perlu dicatat bahwa yang saya sharing disini adalah dengan jaringan LAN dan Peer to peer (P2P). Jaringan P2P itu adalah menghubungkan 2 komputer dengan menggunakan kabel. Bedanya dengan jaringan pada komputer yang lebih dari satu adalah konfigurasi kabel UTP nya. Jika pada jaringan P2P kabel UTP di buat silang (Crossover) dan pada Jaringan LAN dengan Hub alias komputer yang lebih dari satu dengan model Lurus (Straight). Jadi yang saya gunakan disini adalah kabel dengan model Silang (Crossover) karena jaringannya P2P.

Berikut perbedaan kebel lurus dan silang.

Hubungan antar ujung kabel dapat digambarkan sebagai berikut:

Jika sudah membuat kabel dengan jalur silang, saatnya kita mulai. Dalam hal ini asmusinya adalah modem udah bisa buat ngenet.

Berikut langkah-langkahnya.

1. Hubungkan komputer yang online dengan komputer yang akan di share interntnya dengan kabel yang sudah di buat silang. Pastikan tooltip pada LAN menunjukkan bahwa jaringan LAN berjalan dengan baik.

2. Meskipun kedua komputer sudah dihubungkan dengan kabel tapi kedua komputer tidak saling mengenal. Agar bisa saling mengenal maka harus di buatkan identitas yang di sebut dengan nomor IP (IP address). Caranya adalah lewat Control Panel àNetwork ConnectionàPilih Local Area Connection,

Klik ganda Local Area Connection, maka akan muncul Jendela Berikut:

Pilih Internet Protocol (TCP/IP)dan klik Properties, jendela yang muncul sebagai berikut:

Pilih Use the following IP address kemudian Isikan IP addresnya. IP address sih terserah berapa aja yang penting tidak lebih dari 255.255.255.255, bisa juga dengan contoh di atas. Kemudian OK pada semua jendela.

3. Pada komputer yang akan di bagikan internetnya, untuk keperluan sharing internet tidak perlu di setting IP adressnya karena nanti akan di berikan IP address secara otomatis.

4. Selanjtnya adalah sharing internet. Pada jendela Network Connection terdapat beberapa profile yang digunakan untuk koneksi internet. Penamaanya tergantung pada saat membuat Profile Name pada aplikasi modem Mobile Partner

Misalnya sepeti ini

Karena namanya IM2_Broom maka pada Network Connection juga terdapat Profile IM2_Broom seperti ini:

Untuk melakukan Sharing Internet, klik kanan pada profile yang digunakan kemudian properties sehingga jendela properties akan di tampilkan seperti berikut:

Pilih tab advance kemudian centang Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection, klik OK pada peringatan yang diberikan.

Sharing internet sudah berjalan dan pada Network Connection di Komputer Client terdapat Profile baru dengan judul (klo gak salah) Internet Gateway dengan profile IM2_Broom on <Nama komputer yang online>  dengan status Connected. Maka sharing internet sudah dapat di nikmati.

Catatan:

Jika masih belum bisa, biasanya masih terblock dengan Windows Fire wall, maka firewallnya harus di off kan. Caranya ada dengan beberapa cara. Bisa lewat control panel plih Windows Firewall dan pilih Off

Semoga Bermanfaat.

About these ads

Tentang Moerhadie

Berbagi, bikin hidup lebih berarti.

Posted on 11 Maret 2010, in Internet, Komputer. Bookmark the permalink. 53 Komentar.

  1. harus memakai kabel LAN yang crossover y??
    waduh , punyanya yang straight . .
    kl pke yang straight g bisa y.??

    • setau saya tidak bisa Pak David karena kalo device yang sejenis (komputer –> komputer) harus cross, kalo device yang beda jensi baru menggunakan straight seperti komputer –> router.

  2. kalo firewall dimatikan apa gak ada bahaya serangan virus saat online interrnet bang, thanks ilmunya oke banget

  3. mas kalau dihubungkan dari windows ke ubuntu 11.10, jadi client. tanda koneksinya sich terbaca oleh ubuntu tapi kenapa internetnya tidak bisa jalan yah…
    mohon bantuannya

    • Pak Antonjurnalis saya akan coba menjelaskan secara singkat, semoga bisa di pahami, kebetulan laptop saya juga menggunakan ubuntu 11.10 dan intenetnya saya sharingkan dari PC windows 7 PC saya.

      Hal yang perlu di pada komputer server (yg terhubung internet) lakukan adalah:
      1.Klik kanan pada Local Area Connection, jendela Local Area Connection Properties klik tombol Configure. Pada tab Advance pilih Property Network Address pada Value ketikkan : 02EF22FD2310 kemudian OK.
      2. Pada Settingan Internet Protocol IPv4 isilah dengan lengkap pada IP Adress, SubnetMask, Default Gateway sama dengan IP Adress. Preferred DNS Server juga harus di isi mis:8.8.8.8 Alternate DNS server mis:8.8.4.4 kemudian OK.

      Pada Ubuntu
      pilih Edit Connection kemudian Add, pada tab IPv4 setting pilih method manual. dan isilah dengan blok IP sama dan gateway di samakan dengan IP computer server. pada DNS server juga disesuaikan dengan yang ada di server 8.8.8.8, centang available to All User, Klik Apply.

      Jika semua sharing telah di lakukan, coba lakukan Ping ke masing-komputer.
      Cara tersebut telah saya coba dan berhasil. Semoga membantu.

  4. Gan saya punya modem smart & acces point merk buffalo, kira2 gmn ya cara setting biar bisa sharing internet…???

    thx…

  5. kalo connectin jaringannya pake bluetooth bisa gak,bukan pake kabel stright/crossover…???

  6. Tanya Mas, kalau share nya pake wireless itu juga (Modemnya) bisa ga. Soalnya kalau membaca judulnya seolah 0lah Modemnya yang dishare langsung menggunakan wirelessnya sendiri

    • Maksudnya gimana gan?? modemnya ada fungsi wireless. Jika ada, bsa saja, karena dengan lappie juga bsa di share via wirelessnya lewat add hoc. Tutorial singkatnya ada di bagian bawah reply komentar di bawah lagi. Terimaksih. semoga membantu.

  7. Nice post..Ijin CoPas om :)…

  8. wiw.. .. om.. .. dah bs sharing.. .. tp cm bentar konek internet na d kompi 2.. .. abiez tu g konek lg.. knp y???

    • di kompie1 masih konek apa g ke internet? karena koneksi komputer2 ke internet tergantung komputer1. klo belum bisa, cba masuk ke LAN Properties dan seting TCP IP ke Obtain an IP Adress Automatically, nanti IP komputer 2 akan otomatis mengikuti IP komputer1.

  9. makasih banyak gan bermanfaat sekali….
    He..he…tadinya ane bingung sekarang sudah ada pencerahan….maklum Newbe

  10. kalo lewat adhoc bs ndak gan ?
    tanpa dkungan dari acc poin ??
    mhon bntuan gan. thx

    • Bsa gan, caranya:
      1. Langkah pertama yaitu melakukan seting pada komputer induk. Untuk bagian pertama ini kita masuk ke ke Network Connections, klik kanan pada koneksi wireless (WIFI) dan pilih Properties.
      2. Selanjutnya pada panel properties tersebut, masuk ke tab menu Wireless Networks, dan buat koneksi baru dengan memilih Add.
      3. Isi Network name (SSID) sesuai dengan keinginan, hilangkan tanda centang pada The key is provided for me automatically (karena di sini kita akan menentukan sendiri network key-nya), dan isi Network key dengan angka atau huruf sebanyak 5 karakter, ulangi kode tersebut pada Confirm network key. Terakhir berikan tanda centang pada This is a computer-to-computer (ad hoc) network, wireless access point are not used. Jika sudah maka pada tab menu Wireless Network bagian Preferred networks akan bertambah satu network baru sesuai dengan yang baru saja kita buat di atas.
      4. Langkah berikutnya masuk ke tab menu General dan pilih item Internet Protocol (TCP/IP), dilanjutkan dengan memilih Properties. Isi kolom IP address dengan 192.168.0.1 dan Subnet mask 255.255.255.0. Jika sudah simpan dengan memilih Ok.
      5. Kembali ke Network Connections, kali ini kita pilih sumber koneksi yang kita gunakan (dalam contoh ini saya gunakan koneksi Smart), klik kanan pada koneksi tersebut dan pilih Properties.
      6. Masuk ke tab menu Advanced, kemudian beri tanda centang pada Allow other network users to connect trough this computer’s internet connections. Sedangkan untuk Home networking connections, kita pilih koneksi wireless yang telah kita setup di atas tadi.
      7. Sampai di sini proses setup komputer induk selesai, untuk memulai sharing koneksi, kita aktifkan dulu koneksi internet kita sesuai dengan sumber koneksi yang kita gunakan, kemudian pada panel Wireless Network Connections, kita pilih koneksi yang telah kita buat di atas dan pilih Connect.

      Semoga membantu.

  11. klo via wirless gimana???

  12. semangat terus bro…

    kemaren ak sudah nyoba sharing 2 pc….

    kalo disharing dengan 5 pc kira-kira kecepatannya lemot gak ya….

    please jawab via email : apip_seidelcorp@yahoo.com

  13. mas kok yang ane coba cek ping untuk ke website (contoh: google) kok rto ya mas….padahal kalo di komputer yang nyolok modem lancar lancar saja…..mohon pencerahannnya

  14. Pak, mau tanya,..
    firewall sudah off, pengaturan sudah sesuai, ping sudah terhubung.
    tetapi jaringannya seperti di Limit, di client jaringannya kadang konek kadang jg tidak. adapun konek tapi lemot, trus putus. Mohon bantuannya..

  15. mas sorry, semalem sy coba syahere dengan modem zte AC 8720 dgn modem flexi, kok blm bisa jug ya padahal fire wallnya sudah di off kan, apa client juga di kasih ip addresss sama dengan servernya dengan lan…? mksh

  16. mas moer,,
    saya mau tanya ,,
    firewall yang dimatikan itu
    pada kedua komputer atau
    hanya salah satu saja ??
    jika salah satu saja,
    firewall di komputer yang mana ??

    lalu,,
    kolom dns itu perlu diisikan tidak ya ??

    thx b4 ..

  17. mas mau tnya,,
    firewall yang dimatikan itu pada kedua komputer,
    atau hanya salah satu saja ??
    jika salah satu, komputer yang mana ??

    kalau untuk “preferred dns server” perlu diisi ga??
    mohon pencerahan nya ya mas ..

    thx b4 ..

  18. minta ajarin settingan pada Jaringan LAN dengan Hub alias komputer yang lebih dari satu dengan model Lurus (Straight) dong??? thanks

    • konsepnya sama pak seperti yang di atas jika dengan komputer lebih dari dua sebagai client maka kabel yang digunakan lurus semua dan di tambah dengan hub untuk membagi. tinggal nanti yang setting dengan blok IP yang sama.

  19. kalau sharingnya pake link lagi bisa ngggak ya????? tolong dibantu

  20. MATUR NUWUN NDAN…..KOMPUTERKU DAH BISA DI SHARE…..

  21. mau ty lg nih. Komp. yg terhubung lsg dengan modem pake ip 192.168.0.1 dns 255.255.255.0 trs yg client pake ip 192.168.0.2 dns sama, gateway nya 192.168.0.1. Status komp. yg lgs terhbg modem connect dan di komp.client udah connected juga. tapi tetap hanya komp. yg lgs terhbg dgn modem yg bisa browsing. Sedang komp. client hanya status saja yg connected tetapi tetap tidak bisa browsing. Mohon petunjuk. terimakasih

  22. tlong ksih tau dong setting huawei e160 pke xl,3,

    • Kan tinggal ganti di profilnya aja pak. Untuk username dan password sbb:

      TELKOMSEL
      User : wap
      Password : wap123
      Dial : *99***1#

      MATRIX
      User : [kosongkan]
      Password : [kosongkan]
      Dial : *99***1#

      MENTARI
      User : indosat
      Password : indosat
      Dial : *99***1#

      IM3
      User : gprs
      Password : im3
      Dial : *99***1#

      IM3 (DURASI) Rp 100,-/menit
      User : indosat@durasi
      Password : indosat@durasi
      Dial : *99***1#

      XL
      User : xlgprs
      Password : proxl
      Dial : *99***1#

      Fren (Mobile-8)
      User : m8
      Password : m8
      Dial : #777

      TELKOMFLEXY
      User : telkomnet@flexi
      Password : telkom
      Dial : #777

      STARONE
      User : starone
      Password : indosat
      Dial : #777

  23. IP di komp yang terhubung pake IP nya modem ya?
    connect sih, tapi komp yan g lgs terhubung modem bisa browsing, yang client nya g bisa. kenapa ya? Mohon petunjuk lagi mas. Terima kasih

    • Bukan pak, IP yang di gunakan adalah IP komputer server ( komputer tempat modem) jadi IP Client akan satu blok dengan IP compi server. Jadi IP server harus di detting dulu bru di share. Klo pke IP Modem yang di pake mungkin aja bisa kejadian yang bapak alami.

  24. udah coba tapi ngak bisa, terus time out aja , apanya yg salah

  25. thanks ya ,salam kenal :) :D

  1. Ping-balik: Sharing Internet dengan Modem GSM « T K J.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: